Sunday, September 30, 2012

Cara Kerja Mikroskop

      Garuda7info.blogspot.com - Sebelum ke topik, coba kita bahas apakah itu Mikroskop Monokuler. Mikroskop cahaya matahari (Mikroskop Monokuler) adalah sebuah mikroskop di mana kita membutuhkan energi sinar Matahari untuk bisa melihat dengan jelas sebagaimana melihat Klorofil - Klorofil tumbuhan dan lain lain.

  Sebelum melakukan praktikum dengan menggunakan mikroskop cahaya maka perhatikan langkah-langkah berikut:


1. Letakkan mikroskop di atas meja dengan cara memegang lengan mikroskop sedemikian rupa sehingga mikroskop berada persis di hadapan pemakai !


2. Putar revolver sehingga lensa obyektif dengan perbesaran lemah berada pada posisi satu poros dengan lensa okuler yang ditandai bunyi klik pada revolver


3. Mengatur cermin dan diafragma untuk melihat kekuatan cahaya masuk, hingga dari lensa okuler tampak terang berbentuk bulat (lapang pandang).


4. Tempatkan preparat pada meja benda tepat pada lubang preparat dan jepit dengan penjepit obyek/benda!


5. Aturlah fokus untuk memperjelas gambar obyek dengan cara memutar pemutar kasar, sambil dilihat dari lensa okuler. Untuk mempertajam putarlah pemutar halus !


6. Apabila bayangan obyek sudah ditemukan, maka untuk memperbesar gantilah lensa obyektif dengan ukuran dari 10 X,40 X atau 100 X, dengan cara memutar revolver hingga bunyi klik.


7. Apabila telah selesai menggunakan, bersihkan mikroskop dan simpan pada tempat yang tidak lembab.






0 comments:

Post a Comment

Apabila ada komentar seperti "SARA" dan sebagainya akan langsung di hapus. Wujudkan budaya berkomentar yang baik.